Jumat, 26 Februari 2010

Sistem Ekomomi Syariah

Sistem Ekomomi Syariah

merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah – masalah ekonomi rakyat yang diambil dari nilai – nilai islam. Ekonomi Syariah berbeda dari kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan.
Ekonomi dalam islam harus mampu memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada setiap pelaku usaha. Selain itu ekonomi syariah memiliki empat sifat sebagai berikut :

a. kesatuan ( unity )
b. keseimbangan ( equilibrium )
c. kebebasan ( free will )
d. tanggung jawab ( responsibility )

Didalam Sistem Ekonomi Syariah ini mempunyai kelebihan yang lebih besar dibandingkan dengan kelebihan pada sistem – sistem ekonomi yang lain.
Kelebihan pada Sistem Ekonomi Syariah ini adalah :
Sistem ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi kapitalis, sosialis maupun komunis. Ekonomi syariah bukan pula berada ditengah-tengah ketiga sistem ekonomi itu. Sangat bertolak belakang dengan kapitalis yang lebih bersifat individual, sosialis yang memberikan hampir semua tanggungjawab kepada warganya serta komunis yang ekstrim,ekonomi Islam menetapkan bentuk perdagangan serta perkhidmatan yang boleh dan tidak boleh di transaksikan. Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.

Ekonomi islam saat ini berkembang dengan begitu pesat. Terutama dengan krisis 2008 lalu yang terjadi di amerika yang dampaknya mengenai seluruh dunia. Disaat dunia rapuh ternyata ekonomi syariah tetap solid bahkan berkembang dengan pesat. Tetapi tidak begitu dengan di Indonesia. Rakyat Indonesia masih kurang paham dengan ekonomi syariah. Mereka mengira ekonomi ini hanya untuk kalangan islam saja. Padahal semua kalangan boleh menggunakan sitem ini.

Bagaimana dengan sistem ekonomi Indonesia dengan sistem syariah????

Ternyata pemerintah tertarik untuk mengadopsi syariah dalam ekonomi. Salah satunya pemerinta telah mengeluarkan obligasi syariah yang diberi nama SUKUK. Sukuk ini laris manis di pasar uang. Dan pemerintah telah mendukung penuh bank-bank untuk menjadi bank syariah. Salah satunya bank syariah mandiri.
tetapi tentunya harus dengan skema yang jelas agar manfaat yang ada dalam syariah biasa di rasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Referensi:

Kabar pasar TV one
Market review Metro TV

Tidak ada komentar: