Rabu, 16 Juni 2010

Komputer dan Seni

Ini merupakan materi V-Class Pelajaran PTSI C , Dosen Sari N.Y , Dengan materi Komputer dan Seni


KOMPUTER DAN SENI




Komputer dan Seni Rupa



Banyak manfaat yang diberikan oleh computer dalam hal seni gambar atau picture atau image. Manusia banyak dibantu dalam berbagai hal yang meliputi dalam hal proses menggambar (creating image), Mengubah gambar (image processing), Menyajikan gambar (image presenting).


Gambar yang diproses secara komputasi di atas dapat berupa gambar apa saja dalam berbagai bentuk dari 2 dimensi hingga 3 dimensi. Dalam menggambar dengan system komputer, gambar dibedakan dalam beberapa format yaitu :


1. Web page ( HTML )

2. GIF (Graphic Interchange Format) format untuk gambar yang dibentuk oleh berbagai garis dan hanya menggunakan beberapa warna.

3. JPEG (Join Photographic Experts Group) format untuk gambar yang dibentuk oleh benyak warna dan spectrum seperti foto.


Format gambar ditentukan oleh jumlah warna yang membentuknya. Berikut adalah klasifikasi gambar berdasarkan warna yang membentuknya.


· 16 colors ( GIF )

· 256 colors ( GIF dan JPG )

· 16 milion ( JPG )


Foto dalam format JPEG yang diproses memiliki berbagai format yaitu :

· BMP - bitmap

· TIF – Tagged Image Fite Format

· PCX – Zsoft Paintbrush

· WMF – Windows Metal File


Creating Image

Menciptakan gambar dengan komputer adalah menggambar dengan basis titik, baris dan bangun. Hingga saat ini telah banyak software dan hardware yang diciptakan untuk membuat gambar. Diantaranya :


· Paint Et Draw Programs Paint

· Microsoft Paint

· Lview pro

· Paint Shop Pro


· Core Photo Paint Draw

· Power Point

· Corel Draw


Tentunya banyak keuntungan yang didapat dengan menggambar di komputer misalkan :


1. Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk meja gambar.

2. Tidak menimbulkan sampah kertas karena kesalahan dapat diperbaiki di layar komputer.

3. Dapat menciptakan gambar yang sulit dibuat manusia. Dalam proses ini manusia sebagai brainware diharapkan memiliki kemampuan untuk operasional, misalakan : Reizing an image, Cropping an image.


Komputer Dan Arsitektur



Kemudahan menggambar dengan tehnik juga dirasakan pada bidang arsitektur. Kini desain bangunan dapat dapat dibuat dalam perspective 3 dimensi bahkan animasi. Selain itu desain yang dibuatpun tampak sangat nyata. Pada umunya desain yang dibuat dengan komputer sangat mirip dengan banguna yang telah terealisasi. Software yang digunakan misalnya ArchiCAD dan paralelo.


Image Processing

Setelah menciptakan gambar, komputer juga memiliki kemampuan untuk memproses gambar yang telah dibuat. Proses dilakukan dengan berbagai tujuan namun tujuan utamanya adalah memcapai keindahan yang mamuaskan. Gambar atau image yang diproses dapat berupa gambar yang dihasilkan dengan komputer maupun sumber lain seperti :


· Clip Atr Files, Web Page

· Scanning

· Print, Negatives, 355 slides

· Digital Camera

· Draw an Image from Scratch


Software yang digunakan ialah :

· Paint ( untuk proses pewarnaan )

· Lview Pro

· Paint Shop Pro

· Draw (untuk proses menggambar)


· Power Paint

· Corel Draw

· ACDsee


Presenting an Image


Setelah diciptakan hasil karya seni yang telah dibuat kemudian akan disajikan dalam berbagai wujud. Untuk itu dibutuhkan berbagai hardware untuk merealisasikan karya seni ini. Printer adalah contoh yang sangat sederhana. Perkembangan printer terus mengalami kemajuan. Salah satunya adalah large scale printer yang biasanya digunakan untuk mencetak image dalam skala besar.


Komputer dan Seni Musik



Untuk menghasilkan suatu karya musik yang indah, tidak hanya dibutuhkan kepiawaian senimannya. Kini komputer telah menunjukkan perannya dalam membantu manusia guna mewujudkan karya yang indah. Hal ini dapat berupa sound effect, recording, maupun dalam music arranger. Kali ini akan dibahas sedikit mengenai music arranger.


Music Arranger

Langkah - langkah dalam Music Arranger :

Pertama kali kita harus menyiapkan alat - alat yang akan dipakai, seperti :


· OS Macintosh. Menggunakan soundcard yang Latensinya bagus yang berfungsi untuk mencegah suara yang terlambat untuk sampal ke komputer tersebut, karena bila suara tersebut terlambat maka akan mengganggu proses editing.


· Kabel Midi, yang berfungsi untuk mengubah file Audio menjadi file Midi yang, dipergunakan untuk mempermudah kerja komputer tersebut. Tetapi dalam penggunaan Kabel Midi tersebut harus menggunakan sebuah software yang di Indonesia Masih langka untuk didapat.


· Mixer yang berfungsi untuk mengatur volume secara manual, dan untuk membantu kerja komputer tersebut menggunakan software, seperti : ProotoIs, sonar 3, Nuendo, Cubase.


Di dalam penggunaan software ini file untuk mengedit terbagi menjadi 2, yaitu :

Audio dan Midi.

Format Lagu Digital


Pada awalnya ketuaran PC (Personal Computer) komputer berbentuk visual: pertama kali pada kertas, kemudian layar monitor. Tetapi sekarang komputer juga bisa bersuara, dan bernyanyi.


Kompresi

Kompresi atau pemampatan data memungkinkan data audio atau data jenis lainnya yang berukuran besar-ditekan ukurannya menjadi jauh lebih kecil. Pernampatan ini bisa memperkecil data jadi seperseputuh kali, bahkan seperseratus kalinya.


Semua teknik kompresi data bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:


· Lossless

Kompresi lossless dilakukan tanpa ada kehilangan data. Salah satu teknik yang mudah misalnya menghilangkan redundansi (data yang berulang-ulang) dalam file.


· Lossy

Kompresi lossy tidak hanya menghilangkan redundansi saja, tetapi juga bagian data yang dianggap tidak penting. Kompresi lossy umumnya dilakukan pada data multimedia, seperti gambar, audio atau video.


Ripping

Mengkonversi CD audio ke dalam format lain, umumnya MP3. Namun format alternatif lain yang lebih baik dan lebih hemat tempat sekarang juga sudah umum.


MP3

Singkatan dari MPEG, Audio Layer 3, MP3 menjadi format paling popular dalam musik digital. Kepoputeran MP3 disebabkan karena ukuran filenya yang kecil dengan kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Fraunhofer Institute.


WAV

Standar suara de-facto di Windows. Hasit ripping dari CD pada awalnya direkam dalam format ini sebelum dikonversi ke format lain. Namun sekarang tahap ini sering dilewati. File dalam format ini biasanya tidak dikompresi dan karenanya berukuran besar.


AAC

AAC adalah singkatan dari Advanced Audio Coding. Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG), sejak standar MPEG-2 diberlakukan pada tahun 1997. Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz - 2 kali MP3. Format ini digunakan Apple pada toko musik online-nya, iTunes. Kualitas musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah.


WMA

Salah satu yang menyebabkan format yang ditawarkan Microsoft, Windows Media Audio (WMA), disukai para vendor musik online adatah dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan musik, hal yang sangat ditakuti oleh studio musik saat ini.


Ogg Vorbis (Ogg)

Ogg Vorbis merupakan satu-satunya format file yang terbuka dan gratis. format lain yang disebutkan di atas umumnya dipatenkan dan pengembang piranti lunak atau pembuat peranti keras harus membayar lisensi untuk produk yang dapat memainkan file dengan format terkait.

Dari segi kuatitas, kelebihan Ogg Vorbis adalah kualitas yang tinggi pada bitrate rendah dibandingkan format lain. Peranti lunak populer, Winamp dan pelopor pemutar MP3 portabet Rio sudah mendukung format ini dalam model terbarunya. Walaupun demikian dukungan peranti keras terhadap format ini masih jarang.


Real Audio

Salah satu format yang biasa ditemukan pada bitrate rendah. Format dari RealNetworks ini umumnya digunakan dalam layanan streaming audio. Pada bitrate 128 kbps ke atas ReatAudio menggunakan standar AAC MPEG-4.


MIDI

Format audio satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau peranti etektronik lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan akhir-akhir ini sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.


Kekurangan:

Akhir-akhir ini pembajakan terhadap karya seni di Indonesia kian meningkat, sehingga merugikan para pemusik tersebut dan tentunya Negara juga dirugikan. Karya musik yang disajikan akhir-akhir ini terlalu banyak melakukan perubahan oleh file Midi tersebut sehingga terdengar rapi dan bagus. Sehingga apabila ada konser Live pasti penonton kecewa karena apa, yang disajikan tidak sebaik yang di kaset. Misalnya : Konser AM 1, suara di kaset berbeda dengan penampilan Live, ini disebabkan converter[ Proses Edit } yang berlebihan.


Kelebihan :

Bagi pendatang baru yang ingin terjun ke dunia musik tetapi tidak mempunyai kemampuan yang lebih, maka dapat menggunakan file Midi tersebut. Karena dengan menggunakan file Midi ini apa saja dapat terjadi, suara yang sember bisa terdengar enak.

Tidak ada komentar: