Kamis, 10 Juni 2010

Minuman Terbaik untuk Langsing

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin Anda heran, badan tidak juga langsing padahal sudah mengatur betul makanan yang masuk ke mulut. Benar?

Bagaimana dengan minuman yang masuk ke perut Anda? Soda, sirop, atau teh manis mengandung gula yang bisa bikin Anda gemuk, lho. Minuman sehat sebenarnya merupakan senjata rahasia untuk kesuksesan diet Anda.

1. Air putih sebelum makan
Dalam beberapa penelitian, Barbara Rolls, Ph.D, dari Pennsylvania State University dan penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan mengungkapkan, minum segelas air putih 15 sampai 20 menit sebelum makan dapat mengurangi jumlah kalori yang akan kita asup. Alasannya masih belum diketahui, tetapi Rolls mengatakan bahwa kekentalan minuman dan kepadatan kalori minuman juga berperan mengurangi asupan kalori.

2. Teh hijau
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Physiological Society menemukan bahwa ekstrak teh hijau memperbaiki daya tahan sampai 24 persen selain meningkatkan pembakaran lemak. Peneliti dari Jepang memonitor waktu yang dibutuhkan tikus untuk berenang sampai kelelahan.

Tikus yang diberi ekstrak teh hijau berenang tanpa lelah selama lebih dari 10 minggu dan memiliki oksidasi lemak lebih tinggi. Takatoshi Murasi, salah seorang dari peneliti itu percaya bahwa minum segelas teh hijau sebelum olahraga juga punya efek sama pada manusia.

3. Susu cokelat bebas lemak
Ini adalah minuman sempurna setelah latihan kickboxing atau yoga. “Jika tak punya alergi, susu adalah minuman pemulih yang sempurna setelah olahraga karena memiliki karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh,” kata Roberta Anding, RS, ahli gizi olahraga dari Rice University dan tim gizi untuk NFL Houston Texas.

4. Air es
Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa minum air es justru membakar kalori. Dua gelas air es tak lebih dari 20 derajat Celsius bisa membakar kurang lebih 24 kalori. Sekitar 40 persen pembakaran dipakai untuk mengolah suhu air minum supaya setara dengan suhu tubuh.

Tidak ada komentar: