Rabu, 09 Juni 2010

XL Perbesar Bandwidth BlackBerry

VIVAnews - Mengiringi kehadiran BlackBerry Onyx putihnya, PT XL Axiata Tbk (XL) meningkatkan kapasitas bandwidth untuk layanan BlackBerry menjadi 400 Mbps. Bandwidth yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia ini akan ditujukan bagi pelanggan BlackBerry Internet Service (BIS) dan BlackBerry Enterprise Server (BES).

"Jumlah pelanggan XL BlackBerry kini sudah mencapai sekitar 380 ribu pelanggan. Sebab itu, mau tidak mau kami harus meningkatkan bandwidth," kata Head of Marketing Mobile Data XL, Budi Harjono, Rabu 9 Juni 2010.

Saat ini, dijelaskan Budi, rata-rata pelanggan BlackBerry di Indonesia mengkonsumsi bandwidth sekitar 0,65 Kbps setiap harinya. Bandwitdh 400Mbps ini, menurutnya, bisa melayani hingga 550 ribu pelanggan. "Dan, kapasitasnya akan terus ditambah seiring pertambahan jumlah pelanggan," ungkap Budi.

Dalam menggelar layanan BlackBerry, XL merupakan satu-satunya operator selular di Indonesia yang terkoneksi ke server RIM di Kanada dengan dual carrier partner.

Hingga saat ini, XL didukung lebih dari 20 ribu BTS, di antaranya 2.225 NodeB (3G) yang tersebar di area Jawa, Sumatera, Bali, Lombok, Sumbawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Sekitar 50 persen dari NodeB tersebut merupakan 3G HSDPA yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar.

Sementara itu, untuk mendukung pelayanan bagi pelanggan XL BlackBerry, XL telah membangun 24 Xperience Land di 14 kota, di antaranya di Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Lampung, Pelembang, dan Jambi.

Tidak ada komentar: