Rabu, 16 Juni 2010

Penyebab Erosi Email dan Gigi Berlubang !


Email gigi sama seperti kulit telur. Lapisan ini berfungsi melindungi bagian gigi yang paling lembut dan rentan erosi. Tapi, berbeda dengan kulit telur, lapisan tipis email gigi cenderung keras. Pada faktanya, email merupakan komponen terkeras dalam tubuh. Dengan perawatan baik, lapisan ini bisa menahan aktivitas menggigit dan mengunyah selama berpuluh-puluh tahun.

Apa yang membuat gigi berwarna putih?

Email gigi kelihatannya putih. Tapi sebenarnya, lapisan di bawahnya (dentin) yang berwarna putih. Lapisan email pada dasarnya semi bening atau tembus cahaya. Namun, konsumsi kopi, teh, anggur dan kebiasaan merokok bisa membuat lapisan email menjadi kuning atau abu-abu.

Erosi email dan gigi berlubang

Meskipun keras, bukan berarti email gigi tidak bisa rusak. Kandungan asam dari makanan dan bakteri bisa memakan email gigi, sehingga memicu erosi dan gigi berlubang. Selain itu, email juga bisa pecah atau retak. Dan berbeda dengan tulang, email tidak bisa tumbuh lagi. Kerusakan email bersifat permanen.

Kerusakan dan gigi sensitif

Apa yang terjadi saat email rusak? Lapisan di bawahnya rentan mengalami kerusakan. Gigi berlubang bukan masalah satu-satunya. Gigi dengan email rusak cenderung menjadi sensitif terhadap suhu ekstrim. Makan es krim atau minum kopi panas bisa menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Bakteri rusak email gigi

Setelah makan, bakteri tertentu dalam mulut akan berpesta gula dari makanan manis atau tepung yang Anda konsumsi. Proses ini akan menghasilkan asam yang bisa merusak lapisan email gigi. Selain itu, kandungan asam dalam soda, jus dan minuamn ringan lainnya juga bisa merusak. Seiring waktu, asam ini akan menyebabkan erosi, sehingga mengecilkan ukuran gigi.

Gangguan makan dan pencernaan

Kondisi yang menyebabkan muntah atau naiknya asam bisa merusak email gigi. Saat asam lambung mencapai mulut, asam tersebut akan mengikis lapisan email gigi. Hal yang sama terjadi akibat berbagai kondisi yang menyebabkan muntah, mulai dari gangguan usus hingga gangguan makan.

Masalah mulut kering

Jika mulut Anda kering, akibat efek samping obat atau gangguan kesehatan, asam akan bertahan lebih lama, sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih besar pula. Secara alami, air ludah menetralkan asam dalam mulut. Selain itu, air liur juga menyediakan mineral untuk menguatkan email gigi.

Kertakan gigi

Kertakan gigi merupakan salah satu penyebab kerusakan email gigi. Kondisi ini seringkali memburuk saat Anda tidur. Dalam kondisi tidur, tentunya Anda tidak bisa mengontrol kertakan gigi. Kertakan ini seringkali dipicu oleh stres. Karena itu, menurunkan stres bisa membantu. Selain itu, Anda bisa menggunakan pelindung mulut saat tidur.

Gigi sebagai pembuka botol

Tanpa sadar, banyak orang yang menggunakan mulut untuk membuka botol atau kemasan lainnya. Hal ini bisa memicu pecahan atau retakan permanen pada lapisan email gigi. Efek yang sama juga bisa disebabkan oleh aktivitas menggigit pulpen, kuku atau menggigit biji-bijian keras dan es.

Anak dan erosi email gigi

Banyak pakar, seperti dikutip situs webmd.com, meyakini bahwa erosi gigi meningkat, khususnya pada anak-anak. Hal ini karena anak-anak terlalu banyak minum soda dan minuman mengandung asam lainnya.

Lawan erosi email gigi

Anda bisa mengurangi erosi gigi dengan cara menggosok gigi setelah makan, menggunakan sikat gigi yang lembut serta pasta gigi yang menagndung fluoride. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi susu atau sepotong keju sesudah makan. Makanan ini membantu menetralkan asam. Di samping itu, Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk menstimulasi produksi air ludah.

Perbaiki kebersihan gigi

1. Cobalah melakukan flossing secara teratur.
2. Gosok gigi perlahan-lahan. Menggosok gigi dengan sikat berbulu keras bisa merusak email gigi.
3. Berhati-hatilah mengunakan produk pemutih gigi. Jika tidak digunakan dengan benar, produk ini justru bisa merusak email gigi.

Tidak ada komentar: