Rabu, 09 Juni 2010

Jejaring Sosial Lebih Populer dari Mesin Cari

VIVAnews - Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter ternyata lebih populer dibandingkan situs mesin pencari. Temuan ini dilaporkan oleh lembaga periset Experian Hitwise yang melakukan survei terhadap perilaku berinternet pengguna di Inggris.

Dari hasil penelitian Hitwise, sepanjang bulan Mei 2010, situs jejaring sosial menguasai 11,88 persen dari seluruh kunjungan yang dilakukan pengguna internet asal Inggris. Situs mesin pencari hanya dikunjungi 11,33 persen pengguna.

Facebook merupakan jejaring sosial terpopuler di Inggris. Situs besutan Mark Zuckerberg itu menguasai 55 persen pangsa pasar pengguna situs jejaring sosial asal Inggris, hampir tiga kali lipat lebih populer dibanding situs jejaring sosial lainnya yakni YouTube. Sedangkan Twitter di peringkat ketiga.

Sebagai mesin pencari, Google.com dan Google.co.uk menguasai 90 persen pencarian di Internet di Inggris pada Mei lalu. Meski lebih populer, Facebook belum berhasil mengalahkan Google dari sisi situs yang paling banyak dikunjungi.

Sebanyak 9,29 persen kunjungan internet di negeri tersebut lari ke Google, adapun secara total di peringkat kedua adalah kunjungan ke Facebook yang mencapai 7,04 persen.

“Situs jejaring sosial merupakan bagian penting dari gaya hidup berinternet di Inggris, dan popularitasnya terus meningkat,” kata Robin Goad, research director for Experian Hitwise, seperti dikutip dari PCAdvisor, Rabu 9 Juni 2010.

“Meski jejaring sosial dan mesin pencari memiliki fungsi yang berbeda, mereka bersikap sebagai pintu gerbang menuju Internet,” kata Goad. “Data yang kami kumpulkan menggambarkan secara tepat bagaimana pentingnya peranan media sosial di kehidupan online pengguna,” ucapnya. (art)

Tidak ada komentar: